• Ikuti kami :

Tauhid Ahlussunnah wal Jama’ah: antara Imam al-Asy’ari dan Ibn Taymiyyah
Bagian Ke 3

Dipublikasikan Sabtu, 19 Agustus 2017 dalam rubrik  Makalah

Catatan kaki:

1 Mushthafa Abd al-Raziq, Tamhid li Tarikh al-Falsafah al-Islamiyah (Beirut dan Kairo: Dar al-Kitab al-Lubnani dan Dar al-Kitab al-Mishri, 2011), hlm. 429.

2 Nur al-Din ‘Itr, Manhaj al-Naqd fi ‘Ulum al-Hadits (Damaskus: Dar al-Fikr, 1979), hlm. 29—30.

3 Abu Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan Ibn Majah, ed. Muhammad Fu’ad Abd al-Baqi (Beirut: Dar al-Fikr, tt, v. 1), hlm. 15.

4 Abu al-Fadl Ahmad bin ‘Ali bin Hajar al-‘Asqalani, Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhari (Beirut: Dar al-Ma'rifah, 1379, v. 13), hlm. 316.

5 Tentang peran penting sanad, Abd Allah bin al-Mubarak, berkata “Penyebutan sanad (transmisi keilmuan) adalah bagian dari agama; andaikan tidak ada klarifikasi transmisi keilmuan, niscaya siapa saja bisa berbicara apa saja”. Lihat Abu al-Husayn Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyayri, al-Jami al-Shahih al-Musamma Shahih Muslim (Beirut: Dar al-Jil dan Dar al-Afaq al-Jadidah, tt., v. 1), hlm. 12.

6 Abu al-Qasim Sulayman bin Ahmad al-Thabarani, al-Mu‘jam al-Awsath, ed. Thariq bin 'Iwadl Allah bin Muhammad (Kairo: Dar al-Haramayn, 1415, v. 7), hlm. 175; Abu al-Qasim Sulayman bin Ahmad al-Thabarani, al-Mu‘jam al-Kabir, ed. Hamdi bin Abd al-Majid al-Salafi (Mosul: Maktabah al-'Ulum wa al-Hikam, 1983, v. 8), hlm. 152, 268, 274; Abu Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan Ibn Majah (v. 2), hlm. 1303.

7 Abu ‘Isa Muhammad bin ‘Isa al-Tirmidzi, Sunan al-Tirmidzi, ed. Ahmad Muhammad Syakir, dkk (Beirut: Dar Ihya al-Turaats al-‘Arabi, tt., v. 5), hlm. 26.

Abu Abd Allah Ahmad bin Hanbal al-Syaybani, Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal (Kairo: Muassasah Qurthubah, tt., v. 4), hlm. 102; Abu Dawud Sulayman bin al-Asy‘ats al-Sijistani, Sunan Abi Dawud (Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabi, tt., v. 4), hlm. 324.

Abu ‘Umar Yusuf bin ‘Abd al-Barr, al-Intiqa’ fi Fadlail al-A’immah al-Tsalatsah al-Fuqaha’, ed. ‘Abd al-Fattah Abu Ghuddah (Aleppo dan Beirut: Maktab al-Mathbu‘at al-Islamiyah dan Dar al-Basya’ir al-Islamiyah, 1997), hlm. 72. Bandingkan dengan pernyataan Ibn Katsir bahwa ahlussunnah wal jama'ah adalah mayoritas umat Islam dalam Abu al-Fida’ Isma‘il bin ‘Umar bin Katsir al-Qurasyi, al-Nihayah fi al-Fitan wa al-Malahim, ed. Muhammad Ahmad Abd al-Aziz (Beirut: Dar al-Jil, 1988, v. 2), hlm. 36.

10 Muhammad Na‘im Muhammad Hani Sa‘i, al-Qanun fi ‘Aqaid al-Firaq wa al-Madzahib al-Islamiyah (Kairo: Dar al-Salam, 2007), hlm 522.

11 Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, Maqalat al-Islamiyyin wa Ikhtilaf al-Mushallin, ed. Muhammad Muhy al-Din Abd al-Hamid (Beirut: al-Maktabah al-‘Ashriyah, 1990, v. 1), hlm. 345. Pernyataan serupa juga dapat ditemukan dalam Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, al-Ibanah an Ushul al-Diyanah, ed. Fawqiyah Husayn Mahmud (Abidin: Dar al-Anshar, 1977), hlm. 21.

12 Abu Bakr Muhammad bin al-Hasan bin Furak, Mujarrad Maqalat al-Syaykh Abi al-Hasan al-Asy‘ari, ed. Daniyal Jimarih (Beirut: Dar al-Masyriq, 1978), hlm. 55. Dalam beberapa karya Imam al-Asy’ari sendiri terdapat penjelasan mengenai beberapa aspek tauhid ini, yang kemudian dijabarkan lebih luas oleh para pengikutnya. Mengenai tauhid Dzat misalnya, beliau menulis bahwa ”Dia SWT tidak menyerupai alam sama sekali” dan kemudian dilanjutkan dengan penjabaran argumentasi yang mendukung pernyataannya dengan mengutip dari beberapa ayat al-Quran dan argumentasi rasional. Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, Risalah ila Ahl al-Tsaghr, ed. Abd Allah Syakir Muhammad al-Junaydi (al-Madinah al-Munawwarah: Maktabah al-Ulum wa al-Hikam, 2002), hlm. 210-212; Bdk. Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, Kitab al-Luma‘ fi al-Radd ‘ala Ahl al-Zaygh wa al-Bida‘, ed. Hamudah Gharabah (ttp: Mathba‘ah Mishr Syirkah Musahamah Mishriyah, 1955), hlm. 20-21.

13 Imam al-Haramayn al-Juwayni, al-Syamil fi Ushul al-Din, ed. ‘Ali Sami al-Nasysyar, Fayshal Budayr ‘Awn dan Suhayr Muhammad Mukhtar (Iskandariyah: Mansya‘ah al-Ma‘arif, 1969), hlm. 351-352.

14 Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, Risalah ..., hlm. 210.

15 Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, Kitab al-Luma‘ fi al-Radd ‘ala Ahl al-Zaygh wa al-Bida‘, ed. Hamudah Gharabah (ttp: Mathba‘ah Mishr Syirkah Musahamah Mishriyah, 1955), hlm. 20-21.

16 Pembagian ini yang kemudian dikenal di kalangan pengikut madzhab al-Asy’ari.

17 Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, Risalah ..., hlm. 212.

18 Ibid., hlm. 213.

19 Ibid., hlm. 236

20 Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, al-Ibanah ..., hlm. 23; Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, Maqalat al-Islamiyyin ..., v. 1, hlm. 346.

21 Abu Bakr Muhammad bin al-Thayyib bin al-Baqillani, Kitab al-Tamhid, ed. Richard Joseph McCarthy (Beirut: al-Maktabah al-Syarqiyah, 1957), hlm. 280.

22 Taqiy al-Din Abu al-’Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, Minhaj al-Sunnah al-Nabawiyah, ed. Muhammad Rasyad Salim (ttp.: Muassasah Qurthubah, tt., v. 3), hlm. 171-172.

23 Abu Abd Allah Muhammad bin Abi Bakr ibn al-Qayyim al-Jawziyyah, Madarij al-Salikin bayn Manazil Iyyaka Na‘budu wa Iyyaka Nasta‘in, ed. Muhammad Hamid al-Faqi (Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabi, 1973, v. 3), hlm. 449.

24 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, al-Fatawa al-Kubra, ed. Muhammad Abd al-Qadir Atha dan Mushthafa Abd al-Qadir (ttp.: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1987, v. 6), hlm. 566.

25 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, al-‘Ubudiyah, ed. Muhammad Zuhayr al-Syawiys (Beirut: al-Maktab al-Islami, 2005), hlm. 44.

26 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, al-Fatawa al-Kubra, v. 6, hlm. 566.

27 Ibid.  

28 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, al-Furqan bayn Awliya al-Rahman wa Awliya al-Syaythan, ed. Abd al-Rahman bin Abd al-Karim al-Yahya (Riyadl: Maktabah Dar al-Minhaj, 1428), hlm. 172.

29 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyya-h, Majmu al-Fatawa, dicetak atas perintah Raja Fahd bin Abd al-Aziz, ed. Abd al-Rahman bin Qasim (ttp: tp, 1398, v. 1), hlm. 21-22

30 Ibid., v. 2, hlm. 398-401  

31 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, Syarh al-‘Aqidah al-Asfihaniyah, ed. Ibrahim Saiday (Riyadl: Maktabah al-Rusyd, 1415), hlm. 42.  

32 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, al-Fatawa al-Kubra, v. 6, hlm. 566.

33 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, Majmu‘ al-Fatawa, v. 1, hlm. 21-22 

34 Ibid.  

35 Ibid., v. 1, hlm. 69.  

36 Ibid. 

37 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, Majmu‘ah al-Rasa’il wa al-Masa’il, ed. Muhammad Rasyid Ridla (ttp.: Lajnah al-Turats al-‘Arabi, tt., v). hlm. 55.  

38 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, Majmu‘ al-Fatawa, v. 1, hlm. 55.  

39 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin ‘Abdul Halim ibn Taymiyyah, al-Radd ala al-Akhna'i wa Istihbab Ziyarah Khayr al-Bariyyah, ed. Abd al-Rahman bin Yahya al-Mu‘allimi al-Yamani (Kairo: al-Mathba‘ah al-Salafiyah, tt.), hlm. 98.  

40 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin ‘Abdul Halim ibn Taymiyyah, al-Tadammuriyah: Tahqiq al-Itsbat li al-Asma’ wa al-Shifat wa Haqiqah al-Jam‘ bayn al-Qadar wa al-Syar‘. ed. Muhammad bin ‘Awdah al-Suudi (Riyadl: Maktabah ‘Obeikan, 2000), 185—186.  

41 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin ‘Abdul Halim ibn Taymiyyah, Qa‘idah Jalilah fi al-Tawassul wa al-Wasilah, ed. Rabi‘ bin Hadi ‘Umayr al-Madkhali, ‘Ujman: Maktabah al-Furqan, 2001, hlm. 264.  

42 Muhammad bin Khalil Hasan Harras, Syarh al-‘Aqidah al-Wasithiyah, ed. ‘Alawi bin ‘Abd al-Qadir al-Saqqaf, al-Khabar: Dar al-Hijrah li al-Nasyr wa al-Tawzi‘, 1415, hlm. 66-69.  

43 Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, al-Ibanah ..., hlm. 74.  

44 Abu al-Hasan ‘Ali bin Ismail al-Asy‘ari, Maqalat al-Islamiyyin ..., v. 1, hlm. 109, 124, 185, 186, 223, 224, 235, 236.  

45 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin ‘Abdul Halim ibn Taymiyyah, al-Tadammuriyah ..., hlm. 148.  

46 Taqiy al-Din Abu al-’Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, Minhaj al-Sunnah ..., tt., v. 3, hlm. 171.  

47 Taqiy al-Din Abu al-‘Abbas Ahmad bin ‘Abdul Halim ibn Taymiyyah, al-Tadammuriyah ..., hlm. 179  

48 Hal ini, bagaimanapun, bukan tanpa kritik. Kritik dari ulama ahlussunnah sendiri telah muncul di masa hidupnya. Beberapa kali Ibn Taymiyyah terlibat konflik terbuka dengan beberapa kalangan ulama. Tentang beberapa peristiwa kontroversial dalam hidup beliau baca Abu al-Fadl Ahmad bin ‘Ali ibn Hajar al-‘Asqalani, al-Durar al-Kaminah fi A‘yan al-Mi’ah al-Tsaminah, ed. Muhammad Abd al-Mu‘id Dlan (Hayderabad: Majlis Da’irah al-Ma‘arif al-‘Utsmaniyah, 1972, v. 1), hlm. 168—186.  

49 Di luar lingkaran Ibn Taymiyyah, aspek praktis ini merupakan wilayah tasawuf, yang bermakna pengamalan syariat dalam maqam ihsan, berkulminasi pada tahapan tertinggi tauhid. Tentang definisi tasawuf baca Syed Muhammad Naquib al-Attas, Islam and Secularism (Kuala Lumpur: ISTAC, 1993), hlm. 121-122, tentang tingkatan-tingkatan tauhid baca Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali, Ihya’ ‘Ulum al-Din (Beirut: Dar al-Ma‘rifah, tt., v. 4), hlm. 245 dst.  

50 Sa‘d al-Din Mas‘ud bin ‘Umar al-Taftazani, Syarh al-Maqashid, ed. ;Abd al-Rahman ;Umayrah, Beirut: ‘Alam al-Kutub, 1998, v. 4, hlm. 39.  

51 Bandingkan dengan pernyataan Ibn Abi Syarif yang secara lebih tegas menjelaskan hubungan uluhiyah dan rububiyah, dia menulis ”Uluhiyah adalah memiliki sifat-sifat [tertentu] yang karenanya Dia SWT wajib disembah, yaitu sifat-sifat yang hanya menjadi milik-Nya SWT, maka tidak ada sekutu bagi-Nya di dalamnya. [Sifat-sifat itu] dinamakan kekhususan ketuhanan (khawash al-uluhiyah), yang di antaranya adalah menciptakan dari tiada, pengaturan alam...”, Kamal al-Din Muhammad ibn Muhammad Ibn Abi Syarif al-Maqdisi, al-Musamarah fi Syarh al-Musayarah (Kairo: al-Maktabah al-Azhariyah li al-Turats, 2006, v. 1), hlm. 62. Dalam kutipan ini, ditegaskan bahwa pengesaan dalam kewajiban disembah (ibadah/tauhid uluhiyah) merupakan konsekuensi dari pengesaan dalam penciptaan dan pengaturan alam.  

52 Taqiy al-Din Abu al-’Abbas Ahmad bin Abdul Halim ibn Taymiyyah, Minhaj al-Sunnah ..., tt., v. 3, hlm. 171.  

53 Baca misalnya tentang peristiwa Sholat Ashar di Bani Qurayzhah dalam Abu Abd Allah Muhammad bin Ismail al-Bukhari, al-Jami al-Shahih al-Mukhtashar, ed. Mushthafa Dib al-Bugha (Beirut: Dar Ibn Katsir, 1987, v. 1), hlm. 321, No. Hadits. 904; ibid, v. 4, hlm. 1510, No. Hadis. 3893; Abu al-Husayn Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyayri, al-Jami al-Shahih al-Musamma Shahih Muslim (Beirut: Dar al-Jil dan Dar al-Afaq al-Jadidah, tt., v. 5), hlm. 162, No. Hadits. 4701. 

Tulisan Terkait (Edisi Menata Fikiran)

IKLAN BARIS