• Ikuti kami :

Khabar Ṣādiq: Sebuah Metode Transmisi Ilmu Pengetahuan dalam Islam
Bagian Ke 4

Dipublikasikan Selasa, 28 November 2017 dalam rubrik  Makalah
E.  Penutup

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa di dalam Islam, manusia mendapatkan ilmu yang meyakinkan melalui penyatuan sumber kebenaran—pancaindra, akal, intuisi, khabar ṣādiq—dalam satu kesatuan yang utuh, tidak dikotomis, parsial dan terpisah-pisah. Artinya, cenderung kepada salah satu dan menolak yang lainnya, bukanlah ciri khas epistemologi Islam. Selain itu, kebenaran dalam al-Qur’an dan hadist bersifat absolut dan pasti, serta validitasnya tidak diragukan.erkat sistem periwayatan secara turun temurun melalui khabar ṣādiq yang benar-benar terverifikasi secara ketat dan tidak sembarangan. Ini berarti, kabar yang diterima haruslah benar-benar melaui proses penyaringan yang begitu ketat baik isi maupun narasumber yang meriwayatkannya. Maka, hanya kabar yang benar sajalah yang dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan di dalam Islam.

Dengan kata lain, khabar ṣādiq sebagai sebuah metode transmisi ilmu pengetahuan dalam Islam dapat dipertanggungjawabkan secara ontologis dan epistemologis. Ontologis, karena wujudnya riil, nyata, dan terekam dalam jejak sejarah yang dapat dibuktikan. Epistemologis sebab khabar ṣādiq bekerja secara saintifik dengan melibatkan cara kerja yang canggih, rumit, logis, dan dapat dibuktikan secara ilmiah. Lebih dari itu, tradisi ilmiah catatan kaki dalam tugas-tugas ilmiah, yang menunjukkan tingkat akademis yang tinggi, adalah gambaran sederhana dari tradisi periwayatan khabar yang sudah digunakan berabad-abad di dalam tradisi epistemologi Islam. Bahkan dalam praktik riilnya, tradisi khabar tampak lebih canggih. Maka, dugaan serta asumsi para orientalis terhadap al-Qur’an dan hadist adalah keliru, terkesan mengada-ada, serta tidak didasari oleh asumsi dan bukti yang kuat. Kalaupun diteliti lebih mendalam, tuduhan yang dilempar terkesan kental dengan unsur tendensi daripada sikap akademis yang menjunjung tinggi intelektualitas dan sikap jernih dalam melihat realitas. Wallahu a’lām.


Daftar Pustaka

‘Abdul Hamīd ‘Umar, Ahmād Mukhtar. Mu’jamu al-Lughāh al-‘Arabiyah al-Mu’āshirah, Jilid 1, cetakan pertama (‘Alim al-Kitāb, t.t)

Abd Rahman, al-Sayyīd Ahmad bin. Asānid Al-Qurrā’ al-Ashārah al-Barārah wa Ruwwātihim al-Barārah, (Kairo: Dār al-Ṣahābah, 1424)  

Abī Daud, Ibnu. al-Maṣāhif, Cetakan ke-6, (Beirut: Maktabah al-Islamī, 2003)

Acikgenc, Alparslan. Islamic Science: Toward a Definition, (Kuala Lumpur: ISTAC, 1996)

Adi Setia “Epistemologi Islam Menurut al-Attas Satu Uraian Singkat” dalam ISLAMIA: Jurnal Pemikiran dan Peradaban Islam, Tahun II (Nomor.6, Juli-September 2005)

Al-Baghdādi, ‘Alī Khatīb. al-Kifāyah fi ‘Ilmi ar-Riwāyah, (Jam’iyyah Dā’irāt al-Ma’ārif al ‘Utsmāniyyah, 1357 H)

Al-Farabi, Arā’ al-Madīnah al-Faḍīlah, Tahqīq: Albert Nashri Nadir, (Beirut: Dār al-Mashriq, 1973).

_______________. Fuṣūṣ al-Ḥikām, Tahqiq: Muhammad Hasān ‘Ali Yasīn, (Baghdād: Dār al-Ma’ārif, 1976),

Al-Ghazāli, Imām. al-Munqidz min al-Ḍalāl, Tahqiq: Jamīl Shaliban, (Beirut: Dār al-Andalus, 2003)

______________. Ihyā’ Ulūm al Dīn, Juz 1, (Beirut: Dar Qolam, t.t)

______________. Kimiyā’ Sa’ādah in Majmū’ Rasāil Ghazali.

______________. Mishkāt al-Anwār, (Beirut: Dār Qutaibah, 1990).

______________. Mi’yār al-‘ilm, tahqīq; bi Sulaymān Dunya, (Kairo: Dār al-Ma’ārīf, 1961).

______________. Mizān al-‘Amal. Diedit oleh; Sulaymān Slaim al-Bawwāb, (Damascus: Dār al-Ḥikmah, 1986)

Al-Khalīl Ibnu Ahmad, Abū ‘Abdurrahmān. Kitābu al-‘Aini, Jilid 8 (Dār Maktabah al-Hilal, t.t)

Al-Khuli, ‘Alī Muhammad. a Dictonary of Islamic Terms, (tanpa tahun, pdf)

Al-Taftazāni, Sa’ād al-Dīn. A Commentary on the Creed of Islam: Najm al-Dīn al-Nasafi, translated and notes, Earl Edgar Elder, (New York: Columbia University, 1950)

Al-Zarqāni, Muhammad ‘Abdul ‘Aẓim. Manāhil al-Furqān fī al-‘Ulūm al-Qur’ān, Cetakan ke 2, Juz 2 (Maṭba’ah ‘Īsā al-Bābhi al-Jālī wa Shirkah, t.t).

Al-A’Zami, M. Mustafa. Studies In Hadith Methodology and Literature, revised edition, (Kuala Lumpur: Islamic Book Trust, 2002).

______________. Kuttāb al-Nabī, (t.p, Riyad, 1981).

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Historical Fact and Fiction, (Kuala Lumpur: UTM Press, 2011)

________________. Islam and the Secularism, (Kuala Lumpur: IBFIM, 2014).

______________. Prolegomena to the Metaphysics of Islam: an Exposition of the Fundamental Elements of the Worldview of Islam, (Kuala Lumpur: ISTAC, 2001).

_______________. Islam dan Filsafat Sains, terj: Saiful Muzani, (Bandung: Mizan, 1989).

Arif, Syamsuddin. Orientalis dan Diabolisme Pemikiran,( Jakarta: Gema Insani, 2008)

Armas, Adnin. Krisis Epistemologi dan Islamisasi Ilmu, (Ponorogo: CIOS-ISID, 2007)

Al-Suyūti, Jalāluddīn. Al-Itqān fi ‘Ulūm-l Qur’ān, (al-Maktabah al-‘Aṣri, 2003)

______________. Tadrīb al-Rāwi fi Sharh Taqrīb al-Nawāwi, (Cairo: Dār al-Kutub al-Ḥadīthah, 1966)

Al-Shawkāni, Imām Muhammad ibn Muhammad. Irshād al-Fuḥūl ila al-Taḥqīq al Ḥaqq min ‘Ilmi l-Ushūl, (Beirut: Dar al-Kutūb al Islamiyyah, 1994).

Baalbāki, Rohī. Al-Mauriḍ, Edisi ke-7,( Beirut Lebanon: Dār al-‘Ilm li al-Mabayīn, 1995).

Chittick, William C. Kosmologi Islam dan Dunia Modern: Relevansi Ilmu-Ilmu Intelektualisme Islam, terj Arif Mulyani, cetakan pertama, (Bandung: Mizan, 2007).

Daiber, Hans. “The Way from God’s Wisdom to Science in Islam: Modern Discussions and Historical Background,” dalam Islamic Science and the Contemporary World: Islamic Science in Contemporary Educations, (ed) Baharudin Ahmad, (Kuala Lumpur: ISTAC-IIUM, 2008).

Dewi Kania, Dinar. Epistemologi Syed Muhammad Naquib al-Attas, makalah.

Fajrie Alatas, Ismail. Sungai Tak Bermuara: Risalah Konsep Ilmu Dalam Islam Sebuah Tinjauan Insani, (Jakarta: Diwan, 2006).

Guillaume, Alfred. The Traditions of Islam: An Introduction to the Study of Hadith Literature, (Oxford: Clarendon Press, 1924).

Husaini, Adian. dkk., Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam, (Jakarta: Gema Insani, 2013).

Husein Haekal, Muhammad. Abū Bakr al-Shiddīq, (Bogor: Litera Antar Nusa, 2010).

Ibn Hibbān, Muhammad. Kitāb al-Majrūhīn min al-Muḥaddithīn wa Ḍhu’afā’ wa al-Matrūkīn, (Aleppo: Dār al-Wa’y, 1396 H)

Ibn Rusyd. Talḥis Kitāb al-Nafs, tahqiq: Ahmad Fuad Ahwāni, (Kairo: Maktabah al-Nahḍah al-Mishriyah, 1950)

Ibn Sina. Aḥwāl, al-Nafs: Risālah fi al-Nafs wa al-Baqā’ihā wa al- Ma’ādihā, tahqiq: Ahmad Fuad Ahwāni, (Paris: Dar Babylon, 2007).

Jeffery, Arthur. Materials for the History of the Text of the Qur’an: the Old Codices, (Leiden: E.J. Brill, 1937)

Kartanegara, Mulyadhi. Menyibak Tirani Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam, (Bandung: Mizan, 2005)

Khallāf, Abd Wahhāb. ‘Ilmu Ushūl al-Fiqh, (Dār al-Kuwaitiyyah: Kuwait, 1968)

Khairu abadi, Muhammad abū Laits.‘Ulūmul Ḥadist Āṣiluhā wa Mu’āṣiluhā, (Malaysia: Dārul Shākir, 2011)

Madkūr, Ibrahim. Mu’jamu al-Falsafah, (Mesir: Hai’ah al-‘Ammah li al-Shu’ūn al-Maṭba’ al-Amīrah, 1983).

Mohammad Iqbal, Allama. The Reconstruction of Religious Thought in Islam, tanpa tahun dan penerbit, pdf

Muhammad al-Namlah, Abdul Karīm ibn ‘Alī ibn. Al-Madzhāb fi Usūl al-Fiqh al-Muqārin, Cetakan 1, Jilid 5 (Riyadh: Maktabah al-Rashīd, 1999)

Muir, William. The Life of Mahomet and the History of Islam to the Era of Hegira, Jilid 4 (t.p London, 1861)

Muslih, Mohammad. Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan, Cetakan ke-5 (Yogyakarta: Belukar, 2008)

Muthahhari, Ayatullah Murtadha. Pengantar Epistemologi Islam, trj M. Jawad Bafaqih, (Jakarta: Shadra Press, 2010)

Nasr, Syeed Hossein. Encyclopedia of Islamic Philosophy, part I, (Lahore Pakistan: Suhail Academy, 2002)

Rescher, Nicholas. Epistemology: an Introduction to the Theory of Knowledge, (USA: State University of New York, 2003).

Schacht, Joseph. The Origins of Muhammadan Jurisprudence, cetakan kedua, (Oxford: Clarendon Press, 1959)

Suharto, Ugi. “Epistemologi Islam” dalam buku On Islamic Civilization (Semarang: Unissula Press, 2010)

Tahhān, Mahmūd. Taisīru Musṭalaḥ al-Ḥadīth, Cetakan ke 5 (t.p, Saudi Arabia, 2000)

Taymiyyah, Ibnu. ‘Ilmu al-Ḥadīth, (Lebanon: Dār al-Kutūb al-‘Ālamiyyah, 1985)

Titus, Harold H. Persoalan-Persoalan filsafat, Terj, H. M. Rosjidi, (Bulan Bintang: Jakarta, 1984)

Wan Daud, Wan Mohd Nor. “Beberapa Aspek Pandang Alam Orang Melayu dalam Manuskrip Melayu Tertua al-Aqa’id al-Nasafi” dalam Afkar: Journal of ‘Aqidah and Islamic Thought, Bil.6, (Kuala Lumpur: University of Malaya, Mei 2005).

______________. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al-Attas, (Bandung: Mizan, 1998)

Zarkasyi, Hamid Fahmy. “Ikhtiar Membangun Kembali Peradaban Islam yang Bermartabat” dalam On Islamic Civilization (ed) Laode Kamaluddin, (Semarang: Unissula Press, 2010)

______________. al-Ghazali’s Concept of Causality: With Reference to His Interpretations of Reality and Knowledge, (Kuala Lumpur: IIUM, 2010)

______________. Peradaban Islam: Makna dan Strategi Pembangunannya, (Ponorogo: CIOS-ISID, 2010)

Tulisan Terkait (Edisi Pasca-Kebenaran)

IKLAN BARIS