• Ikuti kami :

17 Agustus 1946 Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang Pertama

Komunitas NuuN 362

Negeri-negeri Islam di Timur Tengah berperan besar dalam mendukung kemerdekaan Indonesia. Kenyataan sejarah ini tak dapat dimungkiri oleh siapa pun.

Kita Pernah Bersama

Komunitas NuuN 303

Masa-masa revolusi Indonesia ialah masa kemesraan yang mesra dari sekian banyak golongan bangsa ini.

Menenggang Rindu Sjahrir Pada Anak dan Istrinya

Komunitas NuuN 294

Pada masa pemerintahan Orde Lama, ada satu masa di mana orang-orang yang menentang atau tak sejalan dengan pemerintah harus mengalami penahanan. Orang-orang yang turut serta memerdekakan negeri ini ditangkap dan diasingkan.

"Pak Salim" di Kairo

Komunitas NuuN 311

Selama menginap lebih kurang empat bulan di hotel tempat pertemuan golongan bunga dan cendekiawan Mesir itu, Pak Salim, yang benar-benar ‘encyclopaedia’ hidup, lincah dan penuh humor itu telah dapat memikat semua kelompok yang menghubunginya, ..

Catatan Kecil HAMKA tentang Pernikahannya

Komunitas NuuN 421

Sehabis kawin, usahakanlah melepaskan diri dari orang tua. Kasihanilah beliau. Hadapilah sendiri hidup itu, telanlah manisnya maupun pahitnya.

Gencatan Senjata dan Arti Penting Diplomasi

Komunitas NuuN 255

Indonesia dan Belanda pernah bersepakat untuk melakukan gencatan senjata pada 14 Oktober 1946. Kesepakatan itu dicapai dalam konferensi yang cukup panjang yang kelak berujung pada Perjanjian Linggajati.

Belajar untuk Tak Menyimpan Benci

Komunitas NuuN 381

Pada masa akhir Orde Lama, lawan-lawan politik yang berbeda pandangan dengan penguasa ketika itu harus mendekam di penjara. Tanpa pengadilan. Di tangkap begitu saja. Mereka ditahan di berbagai tempat.

Di Schiphol tentang PKI dan Sukarno

Komunitas NuuN 457

Pada Agustus 1967, Mohammad Roem melakukan sebuah perjalanan ke Belanda. Tujuannya mengumpulkan berbagai bahan penelitian dengan kehendak pribadi. Partikelir. Ketika tiba di Bandara Schiphol, sekira 30 orang wartawan telah menunggu beliau.

Hamka Berbicara tentang Penghormatan Kepada Guru dan Persahabatan

Komunitas NuuN 301

Jika datang ke Jawa saya memerlukan datang menziarahi Bapak Agus Salim. Beliau waktu itu tinggal di Jalan Karet, tidak begitu jauh dari mesjid Jami’ Tanah Abang. Beliau senang sekali bila diziarahi.