• Ikuti kami :

Agama dan Politik dalam Gambar Beringin

Komunitas NuuN 153

Gambar beringin berbentuk kaligrafi dengan lafaz "Allah" dan "Muhammad" yang muncul menjelang Pemilu 1977. (Sumber Foto: "Panji Masyarakat" No. 220 Tahun XVIII, 1 April 1977/12 Rabiul Awal 1397 H, hlm. 40--41.)

Jepang Setelah Perang Dunia II: Nuklir, Demokrasi, dan Demiliterisasi

Komunitas NuuN 118

"Genbaku Dome" atau Monumen Perdamaian Hiroshima menjadi saksi atas tragedi kemanusiaan ketika bom atom digunakan untuk pertama kalinya dalam sejarah perang manusia. (Foto: dokumentasi pribadi)

K.H. Ahmad Dahlan, Kenangan 149 Tahun

Komunitas NuuN 138

K.H. Ahmad Dahlan lahir di Kauman, Yogyakarta pada 1 Agustus 1868. Lelaki yang lahir dengan nama Muhammad Darwis ini kemudian menjadi tokoh besar Muslim di Indonesia.

Moh. Natsir selepas Orde Lama

Komunitas NuuN 139

Setelah ditahan oleh Soekarno dan dibatasi hak-haknya sebagai warga negara oleh Soeharto, Natsir akhirnya dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana oleh Presiden B.J. Habibie pada 6 November 1998

Mosi Integral Natsir

Komunitas NuuN 123

M. Natsir, arsitek utama di balik kembalinya kita ke negara kesatuan, kemudian diangkat sebagai Perdana Menteri Pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Foto diolah dari: "Mimbar Indonesia" No. 35, 2 September 1950)

Perdana Menteri Pertama NKRI

Komunitas NuuN 196

Upacara penyumpahan anggota kabinet pertama NKRI dengan M. Natsir sebagai perdana menterinya di Kepresidenan Merdeka pada 7 September 1950. (Foto diolah dari: Mimbar Indonesia No. 37, 16 September 1950)

Biografi Singkat Prof. Dr. H. M. Rasjidi

Komunitas NuuN 246

Nama Prof. Dr. H. M. Rasjidi harus hidup sebagai pahlawan di dalam dada generasi muda Islam di Indonesia. Sebab beliau tetaplah Guru Bangsa yang amat perlu dihormati.

Mengenang Kemeriahan Festival Islam Internasional 1976

Komunitas NuuN 224

Foto: arsip Mohammad Natsir yang tercantum di dalam buku "World of Islam Festival dalam Perspektif Sejarah".

Agus Salim dan Kebaktian Nyonya Zainatun Nahar

Komunitas NuuN 342

Mengikuti wejangan suaminya, Nyonya Zainatun banyak membaca dan belajar. “Sebab kalau kita nanti dapat anak, kemungkinan tidak akan kita sekolahkan.” Begitu kata Agus Salim suatu masa di awal perkawinan mereka, saat masih pengantin baru.